Kamis, 26 April 2012

Cara efektif mendidik anak

ortu mendidik anak nya
Pengalaman setiap orang tentu tidak sama dalam mendidik anak dan setiap orang bisa saja mengklaim bahwa cara mendidik anaknya paling efektif. Karakteristik anak tentunya menentukan metode atapun cara yang tepat dalam mengasuh anak. Keluarga mermegang peranan yang sangat penting, karena dari keluarga terdekatlah si anak mulai mengenal dunia. Misalnya kalau dari keluarga yang beragama islam taat, tentunya anak akan didik menjadi seorang anak yang taat pada ajaran agama islam. Disamping keluarga menentukancara yang efektif dalam mendidik anak, ada lagi yang juga nggak kalah pentingnya yaitu lingkungan sekitar. Jika lingkungannya baik tentunya akan membentuk sifat baik bagi anak. Berikut ini ada beberapa ulasan tentang cara mendidik anak yang efektif, dikutip dari ahlinya blognya Unesa.

Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
 
Menurut pakar pendidikan, usia dini (0 – 6) tahun adalah usia emas yang sangat berpengaruh pada kepribadian anak selanjutnya karena perkembangan IQ, EQ, dan SQ berkembang sampai 80%. Pendidikan anak dini usia bukan sekedar mengetahui tingkat kemampuan atau tingkat perkembangan anak pada setiap tingkat usia tertentu seperti menangis jika merasa terganggu, berteman, bercerita dan lainnya, tetapi harus mengetahui proses perkembangan anak pada semua aspek perkembangan untuk dapat dioptimalkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar